Fish

Rabu, 14 Maret 2012

Rancangan Kegiatan Pembelajaran PKN SMA


TUGAS TERSTRUKTUR RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dosen Pengampu : Winarno, S.Pd., M.Si.
Mata Kuliah : Pendidikan Nilai


AGUS PRASETIYO
K6410002 

PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010



RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :        SMA Negeri 1 Geger Madiun
Mata Pelajaran            :        Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester            :        XII/1 (Ganjil)
Standart Kompetensi  :        1.     Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Kompetensi Dasar       :        1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan.
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Indikator                     :
Pertemuan     I             :
·   Mendeskripsikan makna Pancasila Sebagai ideologi negara.
·   Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
·   Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
·   Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Pertemuan    II            :
·   Mendeskrisikan Pancasila sebagai sumber nilai.
·   Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
·   Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan.
Pertemuan   III              :
·   Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
·   Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Analisis Pancasila        :
·   Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
·   Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Alokasi Waktu            :        8 x 45 menit  ( 4 x pertemuan )

I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendiskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka, menganalisis Pancasila sumber nilai dan paradigma pembangunan serta siswa dapat menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.

II.    Materi Ajar ( Materi Pokok )
Pertemuan I           :
Pancasila sebagai ideologi terbuka :
·         Pengertian ideologi negara
·         Makna ideologi negara
·         Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
      Pertemuan II           :
·         Fungsi pokok Pancasila
·         Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
Pertemuan III        :
Nilai-nilai Pancasila :
·         Pancasila sebagai sumber nilai
·         Pancasala sebagai paradigma pembangunan
Pertemuaan IV       :
·         Perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila
·         Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

III. Metode Pembelajaran
Pendekatan analisis nilai (values analysis approach)
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Tugas kelompok
·         Kooperatif teknik jigsaw

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuaan I
A.    Kegiatan Awal
·         Membuka pelajaran dengan salam .
·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review).
·         Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini.
·         Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti
·         Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 anak, dinamakan kelompok kooperatif.
·         Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif yang terdiri atas :
1.      Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
2.      Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
3.      Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara.
4.      Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup.
·         Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara individual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
·         Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
·         Guru sebagai fasilitasi jika terdapat siswa/kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.

         C.  Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep.
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan.
·         Guru melakukan post tes secara lisan tentang materi yang dipelajari.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya.
·         Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan  II
A.    Kegiatan Awal
·            Membuka pelajaran dengan salam.
·            Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu (review).
·            Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini.
B.     Kegiatan Inti
·         Membagi siswa dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok 5 anggota.
·         Guru memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok yaitu : “berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka”.
·         Siswa maju kedepan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi .
·         Siswa menyerahkan laporan hasil diskusi secara tertulis kepada guru.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep.
·         Guru melakukan post tes secara lisan tentang materi yang telah dipelajari.
·         Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan  III
A.    Kegiatan Awal
·         Membuka pelajaran dengan salam.
·         Apersepsi materi pembelajaran minggu yang lalu.
B.     Kegiatan  Inti
·         Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
·         Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas.
·         Guru melakukan post tes secara lisan tentang materi yang dipelajari.
·         Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan IV
A.    Kegiatan Awal
·         Membuka pelajaran dengan salam.
·         Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review).
·         Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini.
·         Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
B.     Kegiatan  Inti
·         Mengidentifikasi berita di media elektronik (televisi, internet, dsb) dan artikel dari media cetak (buku. koran, majalah, dsb) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif  terhadap Pancasila.
·         Siswa maju kedepan kelas berani mengemukakan pendapat/demonstrasi, tentang contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka .
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru menegaskan kembali tentang materi sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka .
·         Guru melakukan post tes secara lisan tentang materi yang dipelajari.
·         Guru memberikan tugas/pekerjaan rumah (PR) kepada siswa.
·         Guru menutup pelajaran dengan salam .

V. Alat dan Sumber  Bahan
A.          Alat
o   Kertas berisi undian
o   OHP atau Laptop dan LCD
o   Televisi,  gambar-gambar yang mendukung
B.           Sumber  Bahan
·         Buku Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XII, Budiyanto, Penerbit : Erlangga, Jakarta.
·         Drs. Encang Iskandar, M.Pd., dkk (2006), Pendidikan Kewarganegaraan 3, Penerbit : PT Remaja Posda Karya, Bandung .
·         Drs. H. Suardi Abu Bakar, dkk (2005), Kewarganegaraan 3, Penerbit : Yudistira, Jakarta.
·         Lembar Kerja Siswa XII A (Ganjil).
·         Artikel/berita dari media massa yang mendukung.

VI. Penilaian
·         Tes tertulis berbentuk essay.
·         Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi siswa baik dalam kelompok masing-masing ataupun dalam diskusi kelas serta tanggungjawab individu terhadap kelompoknya.
·         Penilaian terhadap unjuk kerja berupa laporan tertulis.